Hamil Muda? Ini Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil perlu mengalami adaptasi mulai dari pola makan sampai waktu tidur. Banyak makanan yang direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk memenuhi nutrisi ketika sedang hamil, salah satunya adalah madu.

Manfaat madu untuk ibu hamil digunakan agar madu dapat menambal kekurangan nutrisi dan cairan pada tubuh, biasanya ketika hamil kondisi fisik akan mengalami penurunan yang cukup drastis.

Bolehkah ibu hamil minum madu asli? Jawabannya adalah boleh. Terkadang banyak ibu hamil menghindari untuk mengkonsumsi madu karena dianggap berbahaya bagi kondisi fisik.

Jenis-jenis kandungan yang tertanam pada madu meliputi jenis karbohidrat: 38.2% fruktosa, 31.3% glukosa 17.2% air, 7.1% maltosa, 1.5% gula dan lain-lain. Selain karbohidrat, madu juga mengandung sejumlah mineral dan vitamin seperti chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase dan pinocembrin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan-kandungan itulah yang menjadikan para ahli gizi memilih madu sebagai ajuran menambah nutrisi bagi ibu hamil.

Apa saja Manfaat madu untuk ibu hamil?

manfaat madu untuk ibu hamil
Secara umum, manfaat madu hitam misalnya dapat menurunkan kadar gula darah sebagai obat alami untuk diabetes.

Bagi ibu hamil, menderita diabetes akan mengakibatkan gangguan langsung pada janin dan peluang adanya kecacatan fisik menjadi lebih besar pada anak. Manfaat madu untuk ibu hamil lainya dapat anda simak di bawah ini.

Manfaat Madu Sebagai Sumber Kalori

Sukrosa merupakan penyebab rasa manis pada madu yang sifatnya lebih aman dibandingkan dengan glukosa.

Manfaat madu untuk ibu hamil sebagai sumber kalori akan terpenuhi oleh sukrosa yang mengandung vitamin B kompleks untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh, dan zat besi akan memperlancar proses pengiriman oksigen dan nutrisi yang nantinya akan diterima oleh sel-sel yang membutuhkan.

Khasiat Madu Untuk Meningkatkan Imunitas

Antioksidan yang meliputi vitamin C, zat besi, vitamin B pada sukroksa dan beberapa senyawa lainnya dapat berfungsi sebagai peningkat sistem imun atau kekebalan tubuh pada ibu hamil.

Takaran mengkonsumsi madu bagi ibu hamil untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah 2 sendok makan per harinya dan dilakukan secara rutin agar terhindar dari penyakit seperti diare dan flu.

Manfaat madu untuk Mengurangi Mual-Mual

Peningkatan hormonal yang menyebabkan perut terasa panas dan mual merupakan hal wajar bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan yang disebabkan oleh terdesaknya dinding lambung akibat perut yang semakin membesar dan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Kandungan vitamin B pada madu dapat berfungsi sebagai perangsang otak untuk tetap rileks dan mengendalikan rasa mual tersebut.

Melindungi Janin Dari Keracunan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu akan diserap oleh plasenta dan disalurkan pada janin sebagai pelengkap nutrisi.

Keracunan pada janin dapat menyebabkan akibat yang fatal pada janin dan bisa membuat janin meinggal dalam kandungan. Ini merupakan himbaun untuk para ibu-ibu yang sedang hamil agar lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman.

Memudahkan proses persalinan

Zat prostagelandine pada madu dapat membantu untuh memudahkan proses persalinan nantinya. Hal tersebut disebabkan karena adanya kontraksi pada leher rahim dan membuat leher rahim melebar ketika proses persalinan sedang berlangsung.

Simak Juga Khasiat parijoto untuk ibu hamil yang jarang diketahui

Zat prostagelandine tersebut tentunya sangat membantu bagi ibu yang baru pertama kali merasakan proses kehamilan.

Itu tadi merupakan berbagai Manfaat madu untuk ibu hamil agar dalam proses kehamilan sampai persalinan ibu selalu sehat.

Ada beberapa jenis madu untuk ibu hamil yang kami rekomendasikan seperti madu hitam dan madu hutan yang memiliki komposisi yang mendukung untuk kehamilan. Sekian uraian mengenai madu dari kami, semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar