Manfaat Alpukat Untuk Program Hamil, Inilah Penjelasannya

Buah alpukat atau Persea americana merupakan jenis buah yang sangat populer di Indonesia terutama untuk bahan pembuatan jus. Perlu anda ketahui bahwa terdapat berbagai macam manfaat alpukat untuk program hamil untuk memenuhi kebutuhan sang ibu pada masa kehamilan.

Buah yang berasal dari meksiko ini sudah tidak bisa diragukan lagi tentang segudang manfaatnya bagi tubuh manusia.

Alpukat kaya akan lemak dan kalori bila dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Dengan mengkonsumsi buah alpukat kebutuhan kalori yang dibutuhkan ibu hamil akan segera terpenuhi.

Pada masa kehamilan tingkat kebutuhan kalori akan mengalami peningkatan yang cukup banyak. Jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

Manfaat Alpukat Untuk Program Hamil Untuk Kesehatan Kandungan

Manfaat Alpukat Untuk Program Hamil

Kandungan buah alpukat memiliki sekitar 9 jenis antioksidan karetanoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rahim. Ke-9 jenis antioksidan tersebut meliputi alpha karoten, beta karoten, leutin, beta kriptoxathin, neochrome, neoxanthin, chrysanthemaxahtin, violaxathin, zeaxathin. Alpukat dianggap sebagai buah paling lengkap akan nutrisinya di dunia.

Terdapat sekitar 25 lebih nutrisi termasuk zat besi, fosfor, magnesium, potasium, vitamin A, B, C , E, dan K. Berikut adalah beberapa manfaat yang dihasilkan oleh buah alpukat untuk ibu hamil.

1. Menghalau Radikal Bebas
Antioksidan dapat mencegah penyakit ganas seperti tumor dan kanker. Manfaat alpukat sebagai antioksidan juga memperkebal sistem imun dalam tubuh sang ibu. Penyakit tumor dan kanker dapat mengakibatkan keguguran bila tidak segera dicegah.

2. Mengurangi Resiko Kecacatan Pada Bayi
Asam folat dalam buah alpukat merupakan unsur senyawa dari vitamin B. Kebutuhan asam folat akan mengurangi resiko bayi terlahir cacat. Senyawa ini berfungsi sebagai alat bantu untuk perkembangan organ tubuh pada bayi.

3. Meningkatkan Hormon Prolaktin
Hormon prolaktin adalah hormon yang membantu untuk mengatur tingkat emosional seseorang ketika hamil. Untuk memproduksi hormon tersebut diperlukan vitamin E yang terdapat pada buah alpukat. Dengan meningkatnya hormon prolaktin tingkat stress ibunda akan terkurangi.

4. Mencegah Anemia
Anemia atau kekurangan darah dapat terjadi pada ibu hamil karena kekurangan zat besi. Manfaat alpukat untuk program hamil salah satunya dengan menyediakan zat besi untuk membantu mencegah anemia.

5. Mencegah Stroke
Selain untuk mengurangi resiko kecacatan pada bayi, asam folat juga berfungsi sebagai obat pencegah stroke. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi buah yang banyak terkandung asam folat akan mengurangi tingkat terkena strok.

6. Pembentukan Sel Darah Merah
Manfaat vitamin K pada alpukat adalah membantu pembentukan sel darah merah. Selain pembentukan sel darah merah, vitamin K juga membantu proses pembentukan tulang pada janin.

7. Pembentukan Tulang Pada Janin
Faktor utama untuk pembentukan tulang pada janin adalah kebutuhan akan kalsium yang melimpah. Kalsium bukan hanya bermanfaat untuk bayi saja, akan tetapi sangat bermanfaat untuk memperkokoh tulang bunda yang menopang perut yang membesar.

8. Mengurangi Mual dan Muntah
Gangguan yang paling sering dialami oleh wanita yang sedang hamil adalah mual-mual dan muntah. Hal itu disebabkan oleh tersedaknya lambung karena pembesaran volume perut. Vitamin B1 dan B6 dalam alpukat dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Simak Juga Manfaat Jeniper (Jeruk Nipis Peras) Untuk Promil

Itulah beberapa Manfaat alpukat untuk program hamil yang akan membantu anda dalam mengatasi gelaja-gelaja yang timbul ketika hamil. Buah alpukat sangat dianjurkan sebagai makanan untuk ibu hamil dalam menjaga stabilitas imun pada tubuh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar