Cara Mengatasi Kemandulan Pada Wanita Sejak Dini

Mandul adalah suatu kondisi tidak bisa hamil pada wanita. Mandul tidak hanya bisa dialami oleh wanita saja namun bisa dialami oleh pria. Mandul pada wanita dapat menyebabkan beberapa hal seperti tidak bagusnya kualitas sel telur sehingga tidak dapat dibuahi oleh sel sperma. Untuk mencegah dan mengatasi kemandulan pada wanita, disarankan melakukan gerakan pencegahan sejak dini.

Gerakan pencegahan lebih ditujukan untuk para wanita yang belum menikah. Banyak faktor yang menyebabkan kemandulan pada wanita seperti kekurangan kalsium dan zinc, merorok, mengonsumsi alkohol, dan gaya hidup tidak sehat.

Mengatasi Kemandulan Pada Wanita Sejak Dini

Mengatasi Kemandulan Pada Wanita

Untuk mengatasi kemandulan sejak dini anda harus melakukan hal dan treatment seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Dengan memperhatikan kebersihan organ khusus pada Wanita

Organ khusus pada wanita yang sering disebut miss V merupakan organ penting yang harus dijaga kebersihannya. Miss V yang tertutup menyebabkan keadaannya lembab. Nah lembab sendiri dapat menimbulkan jamur dan bakteri yang menyebabkan gatal berkepanjangan.

Maka dari itu anda disarankan selalu menjaga keadaan miss V agar tetap kering. Anda juga harus membasuhnya dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Tidak hanya itu jika anda sudah menikah dan melakukan hubungan suami istri dengan pasangan anda hendaknya setelah selesai membasuh organ khusus kewanitaan anda dengan bersih.

2. Dengan memperhatikan bahan pakaian dalam

Cara yang kedua dalam mengatasi kemandulan pada wanita adalah dengan memperhatikan bahan pakaian dalam yang anda pakai. Bahan yang paling cocok untuk pakaian dalam wanita adalah bahan katun yan dapat menyerap air dan kerinat miss V. Karena miss V cenderung lembab dan basah maka dari itu pakaian dalam berbahan katun sangat dianjurkan. Menggunakan pakaian dalam berbahan katun juga dapat mencegah bakteri menyebar di miss V.

3. Dengan memperhatikan asupan makanan

Langkah ketiga dalam mengatasi kemandulan pada wanita yaitu dengan memperhatikan asupan makanan. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yan bergizi dan mengandung vitamin E, protein tinggi, dan asam folat. Ketiga kandungan makanan tersebut dinilai dapat meningkatkan kesuburan dan produktifitas pada wanita. Anda bisa menemukan ketiga kandungan tersebut didalam alpukat, jagung, pisang, bayam, kecambah, daging ayam dan sapi.

Simak Juga macam-macam makanan untuk kesuburan wanita

4. Dengan memperhatikan berat badan

Memiliki berat badan yang kelebihan atau overweight dapat menghambat dan meperburuk kesuburan yang menyebabkan kemandulan. Tidak hanya itu memiliki berat badan yan kurang juga merupakan faktor penyebab kemandulan. Maka dari itu untuk mencegah kemandulan sebaiknya anda menjaga berat badan anda. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi agar anda memiliki berat badan yang ideal.

5. Tidak melakukan pergaulan bebas

Tidak diragukan lagi, pergaulan bebas memang sangat merugikan kesehatan dan masa depan. Ada berbagai jenis yang tergoleng dalam pergaulan bebas salah satunya adalah hubungan muda-mudi yang suka berganti-ganti pasangan secara bebas. Pergaulan bebas sering dilakukan oleh para pasangan muda mudi yang belum menikah. Hubungan suami istri yang dilakukan secara bebas (bukan dengan suami atau istrinya) atau hubungan suami istri (bukan muhrim) yang dilakukan sejak dini dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Sebaiknya untuk para orang tua lebih memperhatikan pergaulan para anaknya agar tidak termasuk dalam pergaulan bebas.

6. Tidak merokok dan minum alkohol

Merokok selain berbahaya bagi kesehatan organ dalam, merokok juga dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan kualitas sel sperma memburuk. Tidak hanya itu, alkohol juga dapat menyebabkan kemandulan. Alkohol mengandung bahan bahan yang tidak baik sehingga dapat merusak organ dalam tubuh manusia terutama alat reproduksi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi kemandulan pada wanita yang bisa anda lakukan dirumah. Untuk lebih jelasnya silahkan anda mengkonsultasikan diri ke dokter kandungan terdekat.

0 komentar:

Posting Komentar